Sunday 8 February 2015

Bukit Jamur bukan Tempat Wisata di Jakarta tapi Gresik


all-moslemwisata, adalah lokasi dimana sebuah pesona alam yang bisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata di kabupaten Gresik Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Bungah. Lokasi ini diketahui oleh warga sekitar kurang lebih 6 bulan yang lalu. Namun baru populer sejak Januari 2015 lalu. Hingga saat ini tempat ini banyak dikunjungi masyarakat setempat hingga dari luar kota. 




Keunggulan dari wisata alam ini adalah pesona yang luar biasi eksotis menyuguhkan pemandangan luar biasa, alam yang terbentang luas terlihat secara gamblang disekitar tempat ini, karena memang lokasinya berada didataran tinggi. Menggambarkan sebuah pesona Keagungan Tuhan ditunjukkan alam disekitar lokasi wisata menuju bukit jamur. 

View bukit jamur bisa diperhatikan digambar. Cerita seorang warga setempat sekaligus penjaja pentol dilokasi mengatakan bahawa lokasi ini dulunya adalah sebuah bukit yang paling tinggi dari sekitar. kemudian dieksplorasi atau gampangnya digali oleh proyek-proyek besar penambang batu kapur. Entah digunakan bahan baku semen atau gamping yang jelas disini sebelumnya dilakukan eksplorasi batuan kapur secara besar-besaran.  Jalan yang luas menuju lokasi bukit jamur dulunya adalah jalan untuk truk-truk besar lewat, dan sekarang menjadi akses jalan yang unik dan keren untuk menuju wisata. Karena memang jalan yang naik turun, alam luas dan lokasi didataran tinggi membuat mata layaknya berkeliling pegunungan. 

Kemungkinan terbentuknya batu berbentuk jamur ini adalah batuan bekas galian tang terkena erosi atau terkikis baik oleh angin hujan ataupun panas. Kepala batu jamur adalah batu yang keras sedangkan untuk leher kebawah yang menyerupai batang jamur adalah sejenis batu kapur berpasir. Karena memang batu ini mudah rempul setelah diamati. Yang dikhawatirkan adalah dalam waktu yang tidak cukup lama akan habis tergerus oleh angin maupun hujan sehingga akan roboh dan rusak. Jika daerah ingin mempertahankan lokasi ini sebagai lokasi wisata maka harus dilakukan secepat mungkin untuk mengatasi masalah ini.


Untuk pewisata jika mau ke tempat ini bagi yang dari arah Surabaya, setelah tiba di pertigaan bungah ( ada indomaret) belok ke kiri arah dukun. sekitar 500 meter disebelah kanan jalan ada gapura yang bertuliskan akan dibangun perumahan PT Pondok bla bla bla...(maaf saya lupa, he he..). Atau depan gapura tsb ada toko busana muslim Roudhoh, dan disamping kanan gapura ada bengkel kecil untuk sepeda motor. Lalu masuk aja dan ikuti yang lain menuju lokasi wisata.

12 comments:

  1. kunjungan balik ya sob follow blog saya juga ya thx sob

    ReplyDelete
  2. Keren bukit jamurnya, jadi pengen kesana. hehe

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada tempat wisata unik ya di Gresik..
    Blog dan artikel nya bagus dan simple. Salam kenal buat admin

    ReplyDelete
  4. ok om simbale, salam sukses..
    mas rezki silahkan mampir, sy siap jadi pemandunya..hehe...
    mbk yeni thnx mbk, ini lokasi baru loh di gresik, seminggu lalu tayang di transTV..hehe.salam kenal jg.

    ReplyDelete
  5. wow, luar biasa sekali, terlihat seperti jamur disana sini

    ReplyDelete
  6. keren ya bukit jamur nya :D

    salam kenal sob- seosc

    ReplyDelete
  7. Oksalam kenal jga sob thnx udah berkunjung

    ReplyDelete
  8. informasi yang bagus kak,, komen balik ya kak.

    ReplyDelete